PlatBekasi.com – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2020 di Kabupaten Bekasi tinggal hitungan hari. Untuk itu semua persiapan di matangkan, salah satunya melalukan simulasi Pilkades.

Kemarin, Sabtu (05/12/20) Desa Wibawa Mulya, Kecamatan Cibarusah lakukan simulasi Pilkades. Dimana, desa tersebut salah satu dari 16 desa yang mengikuti Pilkades serentak.

Camat Cibarusah Muhammad Kurnaepi mengatakan, simulasi tersebut untuk mematangkan persiapan Pilkades di wilayahnya, di mana Pikades kali ini berbeda dengan Pilkades sebelumnya yakni di lakukan dimasa pandemi virus corona atau Covid-19.

“Untuk simulasi pencoblosan dan pengamanan jadi bersamaan, jadi bagaimana teknis pemungutan suara dengan situasi pandemi kita batasi ruang tunggunya jadi tidak terlalu banyak, kemudian juga dilakukan pengecekan suhu dulu sebelum masuk,” kata Kurnaepi, Sabtu (05/12/20).

Selain itu, ada juga bilik suara untuk yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat. “Jadi mereka akan langsung di bawa ke bilik khusus dan tidak perlu antri lagi,” ujarnya.

Untuk warga yang di isolasi mandiri, Panitia Pilkades bekerjasama dengan tim kesehatan untuk melakukan atau mendatangi warga yang memang sedang menjalani isolasi.

Kurnaefi menjelaskan, di Wibawa Mulya terdapat tujuh tempat pemungutan suara (TPS) dengan jumlah bilik suara rata-rata lima buah dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 6.485.

“Empat bilik yang biasa, yang satu yang di peruntukan khusus,” katanya.

“Untuk TPS intinya ada di kantor desa, jadi mekanismenya nanti setelah selesai pemungutan suara akan di hitung masing-masing TPS, hasilnya akan di kumpulan di TPS inti,” sambungnya.

Untuk tujuh lokasi TPS tersebut yakni di halaman rumah H. Adul Tegal Panjang Rt 001/001. Tanah H. Ubis samping steam RT 002/001. Perumahan Kharisma Cahaya Residence (KCR) RT 002/001. Perumahan KSB (TKD Blok Pasar I). Halaman Madrasah Hidayatul Athfal Kp Lio Rt 005/003. Kebon jati limato Rt 007/004 dan Lapangan Lodaya Leuwipanjang Rt 010/005.

Kurnaepi menjelaskan, Pilkades di Wibawa Mulya akan di jaga ketat dengan melibatkan pengamanan dari TNI, Polsek Cibarusah dan tambahan pengamanan dari Polres Metro Bekasi 90 personel.

Kurnaepi juga mengimbau kepada Panlih dan KPPS untuk melaksanakan tugasnya dengan netral. Tidak memihak kepada salah satu Calkades meskipun memiliki hak pilih dan menjalankan tugas sesuai juknis dan ketentuan yang berlaku serta menjaga Prokes selama pemungutan.

“Untuk petugas keamanan kami ucapkan terimakasih atas kesiapsiagaannya. mudah-mudahan pilkades di wibawa mulya berjalan aman kondusif sampai terpilih kepala desa yang benar-benar dicintai dan mencintai warga masyarakat dan siap membangun desa,” pungkasnya. (PB)

One thought on “Persiapan Pilkades Desa Wibawa Mulya Terus Di Matangkan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *